Sejarah batu alam lahir sejak peradaban manusia ditemukan di bumi. Jaman batu sendiri merupakan jaman peradaban tertua yang ada jejak peninggalannya. Jaman batu adalah masa jaman prasejarah yang luas, ketika manusia menciptakan alat dari batu karena belum memiliki teknologi yang lebih baik. Kayu, tulang, dan bahan lain juga digunakan, tetapi batu dibentuk untuk dimanfaatkan sebagai alat memotong dan senjata. Mulai dari penggunaan sebagai alat berburu dan meramu, hingga berkembang menjadi bangunan perlindungan. 

 

Jaman batu sekarang dipilah lagi menjadi masa Paleolitikum, Mesolitikum, Megalitikum dan Neolitikum, yang masing-masing dipilah-pilah lagi lebih luas lagi. Dari kesemua alat sebagai jejak peninggalan, batu menjadi pokok karena paling awet dan mudah ditelisik asal muasalnya.

Di Indonesia, jejak penggunaan batu alam banyak kita temukan di Sangiran atau Wajak pada periode purba. Pada masa ini penggunaan batu masih bersifat fungsional, untuk kepentingan perburuan bertahan hidup serta keperluan pokok surviving fungsionalis lainnya.

 

Jejak penggunaan terbanyak ada pada masa-masa kerajaan, mulai dari prasasti hingga candi-candi dan tempat pemujaan. Jejak batu alam terbanyak menggunakan batuan lava dan sedimen ringan hingga modifikasi batuan tanah, dikarenakan memang peralatan dan tehnologi pada masa  itu sangat terbatas. Meski begitu, seni arsitekstur termasuk canggih dan menjadi dasar pokok seni arsitekstur modern.

 

Eksotisme dan ketangguhan dari bangunan candi ini pula yang menginspirasi bangunan properti manusia modern. Jika pada masa lampau jejak batu alam cenderung berjenis lokal sesuai daerah tinggal, saat ini menyebar luas karena distribusi yang tidak terbatas. Eksplorasi jenis batuan juga semakin beragam, mulai dari penggunaan vareasi koral hingga marmer yang pengolahannya memerlukan tehnologi baru.

 

Adanya pergeseran daya guna batu yang dulunya lebih cenderung fungsionalitas hingga sekarang berimplementasi ke seni pengayaan desain bangunan, membuat penamaan batu alam sekarang lebih umum diartikan batu hias pemanis bangunan.

 

Pin It