Untuk dekorasi hunian, relief batu alam paras Jogja bisa menjadi alternatif yang menarik. Selain dari bahannya yang natural dan elegan, relief batu alam memberikan kesan eksklusif karena memang dari pembuatannya yang manual jarang bisa ditemui motif atau bentuk yang sama persis.

 Bahkan tentunya Anda bisa menyodorkan desain sesuai keinginan sendiri yang disesuaikan dengan tema maupun jenis bangunan, meskipun dengan pesanan khusus harga relief batu alam rata-rata sedikit lebih mahal, apalagi jika ukuran serta tingkat kerumitan berlebih.

 

 Namun pastinya, tidaklah terlalu mahal apabila dilihat dari material dan cara pembuatannya yang asli handmade dan hanya bisa dikerjakan oleh seniman-seniman yang sudah berpengalaman, meskipun tetap saja membutuhkan waktu dan ketelatenan.

 

Seniman ukir di Sanggar BatuParas umumnya mengerjakan secara kelompok, dengan spesifikasi keahlian masing-masing untuk mendapatkan hasil maksimal dalam waktu yang efektif.

 

Relief dari batu paras Jogja pada umumnya dibuat dengan ketebalan antara 5 cm sampai 12 cm, meskipun ada beberapa motif yang dibuat lebih tebal agar bentuk dimensinya lebih terlihat. Namun karena material batu paras cenderung berat, ketebalan maksimal tidak selalu dapat dilakukan karena harus memangkas lebar bidang relief dikarenakan volume total menjadi lebih banyak. 

Sebagai contoh jika relief dengan tebal 10 cm bisa menggunakan bidang maksimal lapisan batu kapur kurang lebih 120 cm, maka untuk relief dengan tebal diatas 15 cm lebar bidang hanya kisaran 60 cm saja, karena selain kesulitan pengerjaan juga pada proses penambangan akan kesulitan melakukan pemindahan bahan.

Rata-rata penambangan batu alam paras Jogja dengan tehnik manual dengan gergaji tangan, dan untuk mendapatkan kualitas maksimal ada pada kedalaman dibawah 2 meter sehingga ukuran batu menjadi pertimbangan pada saat pengangkatan.

 

Selain karena rata-rata lapisan sedimentasi batu kapur tidak lebih dari 150 cm berikut kulit luar, kendala pada kedalaman adalah adanya kandungan air pada batu paras Jogja sehingga beratnya menjadi berlipat daripada ketika kondisi kering siap pasang.

Pin It